RESUME KAK (KERANGKA ACUAN KERJA)

MPPL - TUGAS 4 RESUME KAK (KERANGKA ACUAN KERJA)

Nama    : Rafael Asi Kristanto Tambunan 
NRP      : 5025201168
Manajemen Proyek Perangkat Lunak (MPPL) - B 


1. What

Kerangka acuan yang dibuat adalah KAK Kegiatan Pembuatan Aplikasi Citizen Complaint pada Dinas Komunikasi dan Informatika untuk menampung pengaduan masyarakat, yang hasil luarannya adalah berupa aplikasi berbasis web.

2. Why

Arah kebijakan yang tidak tepat sasaran menjadi salah satu penyebab lambatnya pembangunan di daerah. Pemerintah Daerah minim mendapatkan inputan dari masyarakat karena layananannya yang belum mendukung. Di sisi lain sejalan dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), masyarakat kini sudah menggunakan teknologi untuk membantu aktivitas sehari-hari. Dengan terjadinya masalah tersebut diatas, diperlukan sarana yang dapat mengakomodir aspirasi masyarakat terhadap akses pelayanan maupun sarana dan prasarana publik. Salah satu alternatif yanng dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan aplikasi Citizen Complaint. Dengan sistem komputerisasi diharapkan dapat diperoleh data secara tepat, cepat dan lebih efisien waktu, tenaga dan biaya.

3. Who

 Adapun penanggung jawab dari proyek ini yaitu Drs. Khalimi selaku pejabat pembuat komitmen. Uraian Tugas Tim Teknis Aplikasi masing-masing personel, sebagai berikut :
  1. Tenaga Ketua Tim (Team Leader)/Ahli Sistem Informasi, bertugas memimpintim, bertanggung jawab atas koordinasi tim serta integrator sistem meliputiaplikasi dan jaringan komputer.
  2. Tenaga Ahli Sistem Analis, bertugas sebagai perancang desain input, desain proses serta desain output dan rancangan database.
  3. Tenaga Ahli Database Designer, bertugas sebagai perancang database sistem.
  4. Tenaga Ahli Programmer/Application Development, bertugas sebagai penerjemah rancangan kedalam script/ coding bahasa pemrograman.
  5. Tenaga IT support (Tester), bertugas untuk melakukan pengujian sistem. Pendidikan min. SMA yang berpengalaman, ditugaskan selama 3 bulan.

4. When

Jadwal proyek dilaksanakan dimulai dari minggu kedua Juni 2017 sampai minggu kedua September 2017 selama 3 bulan.


5. Where

Tidak ada keterangan terkait tempat pembuatan dari perangkat lunak pada KAK dan untuk penyerahan dan deployment hasil aplikasi citizen complaint adalah di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang yang merupakan tempat client.

6. How

Tahapan-tahapan singkat yang dilakukan dalam pelaksanan proyek ini sebagai berikut: 
    a. Persiapan
    b. Analisa Kebutuhan Aplikasi (Requirement Analysis)
    c. Perancangan Aplikasi (Design)
    d. Pembuatan / Pengembangan Aplikasi (Coding)
    e. Pengujian Aplikasi
    f. Implementasi dan Pemeliharaan Sistem
    g. Instalasi Aplikasi
    h. Pelatihan dan Pendampingan Operator Komputer

7. How Much

Biaya yang diperlukan akan dialokasikan dari anggaran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang tahun 2017 sebesar Rp. 38.500.000 yang dilansir dari link APBD Kabupaten Pemalang 2017.

8. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil adalah Proyek Pembuatan Aplikasi Citizen Complaint pada Dinas Komunikasi dan Informatika bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi kontrol masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah serta menyediakan sarana komunikasi antara masyarakat dan penyelenggara pemerintahan yang dimana untuk menampung aspirasi dari masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS Struktur Data

Project Charter